Benarkah KB Membuat ASI Mampet?

cara-pemakaian-kondom

Banyak Ibu menyusui memiliki pertanyaan ini: Apakah benar KB bisa membuat ASI jadi kering atau mampet?

Seusai melahirkan, seorang Ibu akan disibukkan dengan aktifitas menyusui si kecil. Tentunya produksi ASI haruslah lancar sehingga dapat memenuhi kebutuhan si bayi. Di sisi lain, kehidupan seksual dengan pasangan juga harus terus berjalan sehingga keluarga bisa tetap hangat dan harmonis. Jangan sampai suami mencari pelampiasan di luar rumah ketika di rumah sang istri terlalu sibuk mengurus anak.

Nah, karena si kecil masih bayi, biasanya seorang istri akan memilih menggunakan alat kontrasepsi sehingga meskipun rajin bercinta diusahakan tidak hamil lagi dalam waktu dekat.

Sayangnya, beberapa alat kontrasepsi diduga dapat membuat ASI menjadi kering alias mampet. Khususnya alat kontrasepsi yang bersifat hormonal, seperti KB suntik dan KB pil. Secara ilmiah mungkin sudah banyak yang membuat penelitian. Silakan dibaca atau dicari di Google. Kali ini kami ingin berbagi cerita dari banyak pelanggan ASI Booster Tea yang menceritakan hal serupa.

Ibu-ibu menyusui yang beli ABT dari kami banyak yang curhat bahwa ASI-nya kering alias mampet sejak menggunakan alat kontrasepsi hormonal, yaitu pil dan suntikan. Meskipun si bidan bilang bahwa suntik yang 3 bulanan tidak mengganggu ASI, tapi nyatanya ASI menjadi mampet, bahkan ada yang benar-benar kering.

Begitu alat kontrasepsi dihentikan, ASI-nya kembali mulai berproduksi. Apalagi setelah mengonsumsi ABT, ASI-nya jadi tambah deras.

Kontrasepsi yang Aman bagi Ibu Menyusui

Nah buat Ibu-ibu yang mengalami kendala serupa, coba direview kembali penggunaan alat kontrasepsinya. Jika memang masih aktif ML sama suami, dan di satu sisi masih harus menyusui, maka pilih saja alat kontrasepsi yang non-hormonal. Misalnya KONDOM. Jangan kuatir tidak enak. Memakai kondom jika sama-sama dinikmati akan tetap enak. Bahkan ada yang bilang bahwa dengan memakai kondom justru durasi bercinta bisa lebih panjang. Dan yang pasti tidak akan mengganggu kegiatan menyusui karena kondom bebas dari hormon yang berkaitan dengan produksi ASI

Atau jika suami sudah mahir mengendalikan diri, tidak ada salahnya dengan cara coitus interuptus. Yaitu mengeluarkan sperma di luar Miss V sehingga tidak akan terjadi pembuahan.

Oke selamat mencoba. Semoga ASI-nya kembali lancar dan kehidupan sex terus bergelora.

Leave a Reply